Berita
Beberapa Jenis Obat Sebagaimana yang Disebutkan dalam Al-Qur’an dan As-Sunnah
Ramuan Tradisioanal Pengobatan

Di bagian ini kami akan menyebutkan beberapa jenis makanan yg dapat dijadikan obat dan penyembuhan,sebagaimana yang disebutkan dalam Al-Qur’an dan As-Sunnah yaitu :

 
Utrujah

Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda,

Perumpaan orang Mukmin yang membaca Al-Quran ialah utrujah, rasanya enak dan aromanya harum,,,,,”

 Utrujah memilik empat bagian, yang masing-masing dengan manfaatnya, sebagai berikut :
  1. Kulit. Jika kulitnya ditempatkan ditumpukan pakaian, maka ia dapat mengusir memat dan sekaligus sebagai pengharum ruangan, menghilangkan bau mulut apabila dikulum beberapa saat, menghilangkan bau angina dan memudahkan pencernaan. Pwngarang Al-Qanun mengatakan, air perahan kulitnya sangat efektif menghilangkan racun ulat, dengan cara meminumnya. Dapat pla dibakar dan abunya untuk mengobati penyakit kusta.
  2. Dagingnya, yang bermanfaat untuk mengobati sakit perut dan wasir
  3. Keasamannya, yang bermanfaat untuk mengobati sakit kuning, jantung berdebar danmuntah-muntah.
  4. bijinya, bermanfaat untukmengobati keracunan.
 
 Al-Arzah

Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda,

Perumpamaan orang Mukmin seperti tumbuhan perdu yang terkadang condong karena terpaan angin dan terkadang tegak. Sedangkan [erumpamaan orang munafikseperti Al-Arzah, yang batangnya senantiasa tegak pada akarnya, hingga ia tercabut sekali cabutan.”

 

 



AL-Idzkhir
            Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda pada saat Fathu Makkah,  dari Ibnu Abbas Radhiyallahu Anhuma

Tidak ada lagi hijrah, tapi yang ada adalah jihad dan niat. Jika kalian diminta berangakat berperang, maka berangkatlah, karena tanh ini tanah yang sudah disucikan Allah pada hari ketika Dia menciptakan langit dan bumi. Ia suci karena pensucian Allah hingga hari kiamat, tidak diperbolehkan peperangan bagi seorang pun di sana sebelumku dan tidak dihalalkan bagiku kecuali satu saat disiang hari. Ia suci karena pensucian Allah hingga hari kiamat. Tanamannya yang berduri tidak boleh dipotong, hewan buruannya tidak boleh dibunuh, barang temuannya tidak boleh diambil kecuali bagi orang yang hendak mengumumkannya dan rumputnya tidak boleh dcabut, “Al-Abbas berkata, “Wahai Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam, kecuali AL-idzkhir, karena ia ditanam di kuburan mereka dan di rumah mereka. “Maka beliau bersabda, “kecuali al-idzkhir.”

 

       Kegunaan  Al-Idzkhir  ialah untuk mengurai penyumbatan, melancarkan buang air besar dan kecil, menghancurkan batu ginjal, menghilangkan pembengkakan, baik untuk perut, hepar/liver dan paru-paru.

 Al-Biththih

            Diriwayatkan dari Aisyah Radhiyallahu anha, dia berkata,” Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam pernah makan al-biththih (jenis semangka) dengan kurma segar, seraya bersabda,

Kami merdam panas kurma ini dengan dinginnya al_biththih ini dengan panasnya kurma ihi.”          

            Kegunaan al-biththih, jika dimakan seblum dimakan sebelum menyantap mkanan, maka ia dapat membersihkan perut dan menghilankan penyakit di sana.
 

            At_Tmar (Korma)

            Dari Aisyah Radiyallahu Anha, dia berkata, Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda,

Wahai Aisyah, rumah yang di dalamnya tidak ada kurma, maka penghuninya adalah orang-orang yang kelaparan.” Beliau mengucapkannya dua atau tiga kali.”

            Kegunaannya bagus untukliver, menambah produktivitas sperma, menguatkan tenggorokan, membunuh cacing jika dimakan sebelum makan pagi. Korma berfungsi sebagai buah-buahan, obat, minuman, makanan pokok dan manisan.

 
 At-Tin
            Allah menyebutkan aaat-tin  dalam Kitab-Nya,

            “Demi buah tin dan zaitun.” (At-Tin: 1)

 

Kegunaanya ialah untuk membersihkan kandung kemih, tenggorokan, paru-paru, liver, limpa dan menghilangkan lender.
 

 
Ats-Tsarid

Dari Annas bin Malik Radiyaalhu Anhu, dia berkata, ”Aku pernah mendengar Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda, “Kelebihan Aisyah atas seluruh wanita seperti kelebihan ats-tsarid atas seluruh makan.”

 Ats-Tsard adalah jenis makanan dari roti dan daging. Kegunaanya ialah untuk menambah kekuatan secara umum dan menghangatkan tubuh.
 
 
Pohon Korma

Dari Ibnu Umar Radhiyallahu Anhuma, dia berkata, Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda,
 Sesungguhnya diantara pohon ada sebatang pohon yang daunnya tidak mudah jatuh. Pohon itu seperti orang muslim.”
 

Ibnu Umar berkata, “Coba katakana kepadaku, apa pohon itu?”

Maka orang-orang menebak sendiri-sendiri apa pohon itu. Ibnu Umar berkata, “Aku merasa yakin bahwa yang dimaksudkan adalah pohon korma. Namun aku malu mengatakannya.”

Lalu orang-orang berkata, “Wahai Rasulullah, beritahukan pada kami, pohon itu apa?”

Beliau menjawab, “pohon korma.”
 

 
Al-Harir (Sutra)

Sutra halal bagi wanita-wanita Muslimah dan haram bagi laki-laki Muslim, kecuali dalam mendesak dan terpaksa, seperti karena sakit atau luka, karena Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam memperbolehkan bagi Az-Zubair dan Abdurrahman bin Auf, karena penyakit kulit yang dideritanya.
 

Al-Khall (Cuka)

Sehubungan dengan cuka ini, Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda,

Lauk yang paling enak adalah cuka.”
 

Kegunannya, dapat menyembuhkan penyakit gigi, menguatkan gusi,menyembuhkan yang bengkak, menyembuhkan luka baker dan bagus lambung.

 
 Ar-Rhutab (Korma Matang yang Belum Dikeringkan)

Allah Berfirman,


 “Dan, goyangkanlah pangkal pohon korma itu ke arahmu, niscaya itu akan meruntuhkan buah korma yang masak kepadamu,makan-makan,minum-minum dan bersenang hatilah kamu. Jika kamu melihat seorang manusia, maka katakanlah, ‘Sesungguhnya aku telah bernadzar berpuas untuk Yang Maha Pemurah, maka aku tidak akan berbicara dengan seorang manusia pun pada hari ini’.”(Maryam: 25-26).

Dari Abdullah bin Ja’far, dia berkata, “Aku pernah melihat Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam  memakan mentimun dengan kurma segar.”

Dari Anas, bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam  biasa makan pagi dengan beberapa buah kurma segar sebelum shalat. Jika tidak ada korma segar, maka beliau akan memakan korma kering. Jka tidak korma kering, beliau meminum air.’

 
 Raihan (Jenis Daun Kemangi)

Allah berfirman,

 
 “Dan, biji-bijian yang berkulit dan bunga0bunga yang harum baunya (Raihan).” (Ar-Rahman: 12).
 

Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabdaBarangsiapa ditawari Raihan, maka janganlah ia menolaknya, Karena Raihan itu ringan dibawa dan harum baunya.”

 

Kegunaannya: Untuk menghentikan diare karena bad-tempered, mencegah polusi asap, menyenangkan hati, mencegah wabah dan meyembuhkan bengkak.

 
 
Ar-Rumman (Buah Delima)

Allah berfirman,

“Di dalam keduanya ada (macam-macam) buah-buahan dan kurma serta delima.”(Ar-Rachman: 68).

Kegunaannya: Bagus untuk lambung, tenggorokan, dada dan paru-paru, menyembuhkan batuk, sebagai bahan campuran celak bersama madu dan mengobati luka lama.
 
 
Az-Zait (Minyak)

Firman Allah,
 Yang dinyalakan dengan minyak yang banyak barakahnya, (yaitu) pohon zaitun yang tidak tumbuh di sebelah timur (sesuatu) dan tidak pula di sebelah barat(nya), yang minyaknya saja hampr-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api.” (An-Nur: 35).

 

Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda,

“Hendaklah kalian menggunakan minyak sebagai lauk dan buatlah dia sebagai minyak oles, karena ia berasal dari pohon yang diberkahi.”

Kegunaannya: Untuk mengobati keracunan, kanker, menhan munculnya uban, mengobati luka infeksi, meminyaki bibir yang pecah-pecah dan mengobati sakit encok.

 
 
Az-Zabad (Keju/Mentega)

Diriwayatkan dari dua anak Busr As-Sulamayain Radiyaalahu Anhuma, keduanya berkata, “Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam mendatangi rumah kami, lalu kami menyuguhkan keju atau mentega dan korma kepada beliau, yang ternyata beliau menyukai keduanya.”

Kegunaannya: Untuk menyembuhkan bengkak, tumor, melancarkan urine dan bagus untuk salurannya, menyegarkan mulut, mengobati berbagai macam bengkak di tubuh wanita dan anak-anak, tanpa dicampur dengan yang lainnya, melancarkan aliran darah darah dari paru-paru keseluruh tubuh, mengobati batuk dan suara serak.

 Az-Zanjabil (Jahe)

Firman Allah,

“Di dalam surga itu mereka diberi minuman segelas (minuman) yang campurannya adalah jahe.” (Al-Insan: 17).

Kegunaanya: Membantu melancarkan pencernaan makanan, bagus untuk liver, membantu kebeningan penglihatan dan menguatkan libido seksual,
 
 
As-Siwak

Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda,

Kalau saja tidak memberatkan umatkuatau manusia, tentu aq menyuruh mereka bersiwak setiap kali hendak shalat.”

Setiap kali Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam  bangun malam, maka yang pertama kali beliau lakukan adalah bersiwak.

Kegunaannya: Membersihkan gigi, menguatkan gusi, melemaskan lidah hinggamelancarkan bicara, mencegah tumbuhnya karang gigi, menyegarkan bau mulut, membersihkan otak, merangsang nafsu makan, menjernihkan penglihatan, membantu pencernaan, membuat Allah ridha, membuat para malaikat taajub dan memperbanyak kebaikan.

 
 
Ikan

Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda

“Dihalalkan dua jenis bangkai dan dua jenis darah bagi kalian. Dua jenis bangkai adalah ikan dan belalang; sedangkan dua jenis darah adalah hati dan limpa.”

 

Kegunaanya: Menambah berat badan, menambah produksi sperma dan mepertahankankseimbagan suhu badan.

 
As-Silq (Jenis Ubi untuk Sayur/White Beet)

Dari Ummul-Mundzir, ‘Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam  mendatangi rumahku bersama Ali Radiyallahu Anhu . Saat saat itu kami mempunyai korma yang bergantung bersama tandannya. Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam memakannya, yang juga diikuti Ali. Maka Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda, “Sebentar wahai Ali, bukankah engkau baru sembuh dari sakit?”

Lalu aku merebus tepung gandum dan sayur ubi bagi mereka. Lalu Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda, “Wahai Ali, santaplah makanan ini, karena makanan jenis ini lebih cocok bagimu.”

Kegunaannya: melawan penyakit alopecia (rambut rontok), noda-noda hitam di kulit (kerusakan pigment) karena sinar ultraviolet, menyembuhkan kadas, kurap, kudis dan menyembuhkan penyakit-penyakit kulit, membunuh kutu, membuka penyumbatan liver dan limpa.

 
Lemak/Gaji

Dari Abdullah bin Mughaffal, dia berkata, “Pada saat perang Khaibar, tiba-tiba ada kantong kulit berisi gajih dan dilemparkan ke arahku. Maka aku memeluknya sembari berkata, ‘Demi Allah, aku tidak memberikan sebagian gajih ini kepada siapapun’. Ternyata didekatku ada Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam, sehingga aku pun merasa malu pada beliau. Namun beliau tersenyum dan tidak mengucapkan sepatah kata pun,”

Kegunaannya: Menghilangkan gangguan tenggorokan semacam suara serak dan mengobati infeksi usus.

Ath-Thalh (Pohon Pisang)

Firman Allah

“,,,dan pohon pisang yang bertumpuk-tumpuk.” (Al-Waqi’ah: 29)

 

Yang dimaksudkan ath-thalh di sini ialah pohon pisang.

Kegunaannya: Untuk menyembuhkan gangguan di dada, mengobati batuk, menyembuhkan infeksi ginjal dan kandung kemih, melancarkan urine, menambah produksi sperma dan menambah kekuatan seksual.

 
At-thal’ (Mayang Kurma)

Firman Allah,

“dan, pohon korma yang tinggi-tinggi yang mempunyai myang yang bersusun-susun.” (Qaf: 10).

Kegunaannya: Menambah stamina tubuh dan bermanfaat untuk lambung.
 
 
Al-‘Inab (Buah Anggur)

Diriwayatkan bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam pernah makan buah anggur dan semangka. Buah anggur disebutkan di enam tempat dalam Al-Qur’an, diantaranya,

Apakah ada salah seorang diantara kalian yang ingin mempunyai kebun korma dan anggur yang mengalir di bawahnya sungai-sungai…?” (Al-Baqarah: 266)
 Kegunaanya: Menambah berat badan, mengandung gizi yang tinggi dan dan bagus. Anggur merupakan salah satu dari tiga raja buah-buahan: Anggur, korma dan tin
 
Al-Qur’an

Firman Allah, “Dan, Kami turunkan Al-Qur’an sesuatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman.” (Al-Isra’: 82)

“Hai manusia, sesungguhnya telah dating kepada kalian pelajaran dari Rabb kalian dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada….” (Yunus: 57).
Al-Qur’an merupakan penyembuh, penawar,dan obat bagi bagi segala penyakit hati maupun tubuh.
 
Al-Qitstsa’ (Mentimun)

Dari hadits Abdullah bin Ja’far Radhiyallahu anhu, dia berkata, “Bersama Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam kami pernah memetik buah pohon arak, lalu beliau bersabda,

Hendaklah kalian memakan buahnya yang sudah hitam, karena itulah yang terbaik,”

Kegunaannya: Menguatkan lambung, membantu pencernaan, membersihkan dahak, menyembuhkan penyakit pinggang, membersihkan kandung kemih dan melancarkan urine.
 
 Al-Katm (Lada Hitam)

            Diriwayatkan dari Utsman bin Abdullah bin Wahb, dia berkata, “Ummu Salamah Radhiyallahu Anha mendatangi rumahku, lalu dia mengeluarkan selembar rambut milik Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam. Ternyata rambut beliau di cat dengan hena dan lada hitam.”

 
Daging

Firman Allah,

Dan, Kami beri mereka tambahn dngan buah-buahan dan daging dai segala jenis yang mereka inginkan.” (Ath-Thur: 22)

Kegunaan daging sudah sering kami sebutkan di bagian terdahulu, sehingga tidak perlu ada pengulangan lagi.
 
An-Nabq (Buah Pohon Bidara)

Sesungguhnya pada malam Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam diisra’kan, beliau melihat Sidratul Muntaha, yang buah pohon bidaranya seperti tempayan Hajar.

Kegunaannya: Menyembuhkan radang, menguatkan lambung dan empedu, dan sebagai gizi yang bagus untuk tubuh.

 
Al-Yaqthin (Labu)

Firman Allah,

“Dan, Kami tumbuhkan untuk dia sebatang pohon jenis labu.”(As-Shaffat: 146).

 Al-Yaqthin termasuk jenis labu. Buahnya disebut ad-dubba’ atau al-qar’.

Kegunaannya: Menghilangkan dahaga, menyembuhkan pening kepala, menurunkan panas badan dan menyembuhkan radang selaput otak.

Inilah sebagian pemaparan tentang sebagai resep yang dinyatakan lisan Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam berdasarkan wahyu, baik yang disebutkan dalam Al-Qur’an maupun As-Sunnah. Kami sudah menyebutkan sebagian diantara manfaat dan kegunaannya, tanpa kami sebutkan efek sampingnya.

Apa yang disebutkan Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam ini tidak dikhususkan untuk dunia medis danpengobatan, tetapi itulah yang disebutkan di Al-Qur’an atau As-Sunnah. Karena itulah kami sebutkan manfaat dan kegunaannya, tanpa harus menyebutkan efek sampingnya.

Apa yang disebutkan Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam secara khusus sebagai pengobatan, maka kegunaannya untuk pengobatan secara khusus pula, dan apa yang beliau sebutkan secara umum, mka maka ia tetap pad keumumannya, untuk pengobatan atau untuk yang lainnya.

 

Lihat juga cerita terkait

23.07.2012 - Daun Dandang Gendis
23.07.2012 - Khasiat Daun Dadap Serep
21.07.2012 - Dadap Ayam
27.06.2012 - Keputihan
15.06.2012 - Radang usus buntu

Languages

SLAED CMS Hits Hosts RSS